SAIDI dan SAIFI


PERHITUNGAN KEANDALAN KONTINYUITAS PELAYANAN SISTEM DISTRBUSI

Keandalan adalah kontinyuitas pelayanan terhadap utiliti pelanggan. Parameter untuk mengukur tingkat keandalan adalah frekuensi dan durasi kegagalan penyaluran.

Beberapa macam indeks satuan keandalan, yaitu :

 

  1. Frekuensi Padam Rata-rata (FPR = SAIFI) dalam satuan n kali/tahun, n kali/bulan atau n kali/kuartal. Menurut IEEE istilah yang digunakan adalah SAIFI (System Average Interruption Frequency Index).

 

 

    

    Frekuensi Padam Rata-rata Konsumen (FPRK = CAIFI). Menurut IEEE istilah yang digunakan adalah CAIFI (Customer Average Interruption Frequency Index).

 

    

    

    Perbedaan nilai yang besar antara SAIFI dan CAIFI mengindikasikan bahwa bagian yang keluar dari sistem (Outage) terkonsentrasi hanya pada sebagian sistem tertentu atau pada konsumen tertentu. Hal ini dapat disebabkan oleh disain, perawatan yang buruk atau hal lain.

 

  1. Lama Padam Rata-rata (LPR = SAIDI) dalam satuan x jam/tahun, x jam/bulan atau x jam/kuartal. Menurut IEEE istilah yang digunakan adalah SAIDI (System Average Interruption Duration Index).

 

 

  1. Total Lama Padam Rata-rata Konsumen (TLPRK = CTAIDI) dalam satuan x jam/tahun, x jam/bulan atau x jam/kuartal. Istilah menurut IEEE adalah CTAIDI (Costumer Total
    Average Interruption Duration Index).

            

        Perbedaan nilai yang besar antara SAIDI dan CTAIDI mengindikasikan bahwa bagian yang keluar dari sistem (Outage) terkonsentrasi hanya pada sebagian sistem tertentu atau pada konsumen tertentu. Hal ini dapat disebabkan oleh disain, perawatan yang buruk atau hal lain.

     

  2. Frekuensi Padam Rata-rata Sesaat Konsumen (FPRSK = MAIFI). Menurut IEEE istilah yang digunakan adalah MAIFI (Momentery Average Interruption Frequency Index).

 

    

    

  1. Pembatasan Beban Rata-rata Konsumen (PBRK = CALCI). Menurut IEEE istilah yang digunakan adalah CALCI (Costumer Average Load Curtailment Index).


        Jumlah seluruh konsumen yang dibatasi adalah = Lama Padam x kVA yang tak terlayani

     

  2. Frekuensi Padam Maksimum Konsumen Individu (FPMKI = MICIF). Menurut IEEE istilah yang digunakan adalah MICIF (Maximum Individual Customer Interruption Frequency). MICIF adalah jumlah frekuensi padam maksimum yang dialami oleh suatu konsumen selama periode waktu.

     

  3. Lamanya Padam Maksimum Konsumen Individu (LPMKI = MICID). Menurut IEEE istilah yang digunakan adalah MICID (Maximum Individual Customer Interruption Duration). MICID adalah jumlah lamanya padam maksimum yang dialami oleh suatu konsumen selama periode waktu.

 

Lamanya padam (SAIDI dan CTAIDI) dan frekuensi padam (SAIFI, CAIFI dan MAIFI) merupakan beberapa aspek keandalan dari suatu sistem distribusi. Frekuensi padam merupakan ukuran berapa seringnya terjadi padam. Pada umumnya frekuensi padam (SAIFI) adalah merupakan suatu fungsi daripada penyebab terjadinya Outage seperti tipe dan kondisi peralatan distribusi, konfigurasi jaringan distribusi. Sedangkan lamanya (durasi) padam (SAIDI) umumnya adalah merupakan fungsi daripada organisasi, manajemen dan sumber daya untuk memperbaiki jaringan distribusi.

 

Nilai target SAIFI, SAIDI yang ingin dicapai dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

Tabel Contoh target nilai indeks keandalan yang ingin dicapai

 

Indeks 

Target 

SAIFI

SAIDI 

 

1.0 kali/Plg/Thn

1,0 – 1,5 jam/Plg/Thn

 

 

 

 

 

 

 

Contoh Perhitungan (SAIFI; CAIFI; SAIDI; CTAIDI; CALCI):

Suatu sistem distribusi dipasok oleh 4 buah gardu distribusi dengan kondisi jumlah konsumen dan kejadian terjadinya padam untuk kurun waktu 1 bulan adalah sebagai berikut:

 

1. Gardu A    :     100 konsumen; terjadi padam 1 kali selama 2 jam pada 50 konsumen dengan jumlah daya 200 kVA

2. Gardu B    : 200 konsumen; terjadi padam 2 kali selama masing-masing 1,5 jam pada 150 konsumen dengan jumlah daya 300 kVA

3. Gardu C    : 300 konsumen; terjadi padam 3 kali selama masing-masing 2 jam pada 250 konsumen dengan jumlah daya 500 kVA

 

Frekwensi Padam Rata-rata (FPR = SAIFI):

(1 x 50 + 2 x 150 + 3 x 250)/600 = 1,83 kali/bulan

 

Frekuensi Padam Rata-rata Konsumen (FPRK = CAIFI).

(1 x 50 + 2 x 150 + 3 x 250)/450 = 2,44 kali/bulan

 

Lama Pemadaman Rata-rata (LPR = SAIDI):

(2 x 50 + 3 x 150 + 6 x 250)/600 = 3,42 jam/bulan

 

Total Lama Padam Rata-rata Konsumen (TLPRK = CTAIDI):

(2 x 50 + 3 x 150 + 6 x 250)/450 = 4,55 jam/bulan

 

Pembatasan Beban Rata-rata Konsumen (PBRK = CALCI).

(2 x 200 + 3 x 300 + 6 x 500)/450 = 9,55 kVA jam/bulan

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s