My Profile

Pics

Perpusat UI

Name : Ikhwannul Kholis

Interest        : Science & Technology, Robotics, Music, Film, Books, Games, Islam

Saya adalah seorang lulusan S1 Teknik Elektro Universitas Indonesia yang masuk pada tahun 2008. Sebenarnya, saya tidak menyangka saya akan diterima di UI karena saya memiliki background pendidikan yang sederhana. Saya adalah alumni pesantren. Dan saya sudah menghabiskan 6 tahun di pesantren. oleh Karena itu, saya benar-benar surprise bisa melanjutkan studi di UI kampusku tercinta.

Saya menjalani S1 selama 4 tahun (2008 – 2012). Ketika di tahun akhir S1 (2011), saya memperoleh beasiswa FastTrack dari DIKTI di UI untuk meneruskan ke jenjang S2. Alhamdulillah. Saya meneruskan Studi saya di UI dengan prodi Industrial Control di Electrical Engineering, FTUI hingga tahun 2013.

Setelah lulus, saya bekerja di PT. Alstom Grid sebagai SCADA Engineer selama 14 bulan (November 2013 – Desember 2014). Saat ini saya bekerja sebagai dosen di salah satu Universitas Swasta di Jakarta. Saya sedang berusaha untuk dapat memperoleh beasiswa untuk S3. Saya memiliki cita-cita untuk melanjutkan studi saya ke Jepang/Jerman untuk S3. Saya ingin mendalami ilmu di bidang Teknologi, khususnya di bidang Elektrical Engineering/Control Engineering. Semoga cita-cita saya tercapai. Aamiin.

Visi hidup saya adalah menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain, khususnya masyarakat Indonesia. Saya memiliki mimpi untuk membuka usaha di bidang Teknologi, khususnya di bidang control, electronics, dan robotics. Selain itu, saya bermimpi pula untuk dapat mendirikan suatu yayasan sosial, baik yayasan Yatim, yayasan pendidikan, atau yayasan tunakarya. Semoga Allah melancarkan dan memudahkan jalan saya untuk mewujudkan impian saya. Aamiin.

Alhamdulillah, suatu hari Allah swt. mempertemukan saya dengan seseorang. Seseorang yang tak pernah disangka akan menjadi teman seperjuangan di dunia. Dan akhirnya, Allah memberikan keteguhan hati kepada saya dan dia untuk melakukan perjalanan hidup bersama. Dan dalam waktu dekat ini, dia akan menjadi resmi untuk bersama-sama berjuang di dunia. Aamiin.

Anggapan orang tentang hidup sudah ditentukan oleh takdir adalah benar. Akan tetapi, paradigma tersebut telah membuat banyak orang tidak berusaha semaksimal mungkin. Takdir (dalam bahasa arab disebut jg Qadar) dibagi menjadi 2, yaitu takdir mubram dan takdir mu’allaq. Takdir mubram tidak bisa diubah, seperti hidup, mati, jodoh, dsb. Takdir mu’allaq masih bisa diusahakan untuk berubah, seperti rezeki, pekerjaan, dsb. Oleh karena itu, hidup ditentukan pula oleh tekad, usaha, dan doa. Kehidupan bukan statis, melainkan dinamis. Kehidupan bukan menangis, melainkan meringis. Hidup adalah perjuangan. Perjuangan yang tak pernah berakhir. Just do action, not talk only. Don’t let your life conquer yourself, but conquer your life by yourself! Life is Struggle.

Education :

Organizational Experiences :

  • Anggota PII (Persatuan Insinyur Indonesia) 2013 – 2014
  • Anggota inti Tim Robotika UI 2010
  • Kadiv. Litbang Teknika FTUI 2010
  • Staff Kesekretariatan BEM FTUI 2010
  • Staff Kesekretariatan Ikatan Mahasiswa Elektro (IME) FT UI 2009
  • Staff Medis(Media Islam) FUSI FT UI 2009
  • Staff Bulletin Redaksi Teknika FT UI 2009

Prestige :

  • 4th Place lomba KRCI Divisi battle 2010 KRCI Regional II
  • 3rd Place M-FROST TRUI 2010
  • Peserta lomba KRCI Divisi battle 2010 KRCI Regional II dan KRCI Nasional 2010
  • Peserta OSN-PTI bidang Matematika, 2008
  • 1st Place Lomba Cerdas Cermat Matematika se-Jakarta Barat, BEMJ MIPA UIN, 2007
  • 1st Place Speech Contest, IIQ, 2007

Work Experience :

  • Electrical Engineering Lecturer at Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 2015 – now
  • PT. Alstom Grid, SCADA Engineer, 2013 – 2014
  • Private Teacher at Master 21, 2008
  • Private Teacher (independent), 2009
Hao Li

Hao Li

5 responses to “My Profile

  1. Ikhwan,

    Mengenai rencana S2 setelah lulus nanti, saya sangat mendukung. Kalau mau sharing tentang apa saja yang perlu dipersiapkan, datang saja ke ruang saya ya. Insya Allah saya senang kalau bisa membantu,

    Salam,

    CH

    • Wah, ini dosen : Pak Chairul ya…?? Terima kasih pak atas tawarannya. Saya sangat tersanjung mengenai tawaran Bapak. Mungkin, saya harus bekerja dahulu karena saya ingin memberangkatkan orang tua saya pergi haji. Karena orang tua saya sudah tua, dan saya takut tidak sempat mencapai cita2 saya tersebut. Terima kasih atas tawarannya, pak.

      salam,
      IK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s